SMK MUHAMMADIYAH BATAM

 Sosok Pendiri Muhammadiyah, Profil KH Ahmad Dahlan




Muhammadiyah merupakan salah satu dari organisasi Islam terbesar yang ada di Indonesia. Sejak Muhammadiyah berdiri, hingga sekarang organisasi ini telah memiliki anggota hingga jutaan orang. Pengikutnya juga tidak hanya terkumpul dalam satu wilayah saja, akan tetapi tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Organisasi ini didirkan pertama kali di sebuah kampung bernama Kauman yang berada di Yogyakarta pada 18 November 1912 atau 8 Dzulhijjah 1330 H oleh pendirinya yaitu Muhammad Darwis atau dikenal pula dengan nama Kyai Haji Ahmad Dahlan. Nah siapakah sosok KH Ahmad Dahlan ini? Simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui profil singkat dari KH Ahmad Dahlan, ya!



SEJARAH SMK MUHAMMADIYAH BATAM




SMK Muhammadiyah Batam merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang berada di Batam, provinsi Kepulauan Riau. Nomor pokok sekolah nasional (NPSN) SMK Muhammadiyah ini adalah 11003119.

Sekolah ini menyediakan berbagai fasilitas penunjang pendidikan bagi anak didiknya. Terdapat guru-guru dengan kualitas terbaik yang kompeten dibidangnya, kegiatan penunjang pembelajaran seperti Teaching Factory, Ekstrakurikuler (ekskul) seperti :  organisasi siswa Ikatan Pelajar Muhammadiyah, komunitas belajar English Model Club, Program Tahfidz SMK, Pencak Silat Tapak Suci, Paskibraka, Hizbul Wathan, Palang Merah Remaja, IT club and Robotik, serta  Tim olahraga, dan perpustakaan sehingga siswa dapat belajar secara maksimal sesuai dengan Bakat, Potensi dan Kemampuan siswa sendiri. Proses belajar dibuat senyaman mungkin bagi murid dan siswa  dengan berbasis IPTEK mempunyai Kurikulum SMK PK yang berkebhinekaan Global dan berkemajuan.

Alamat Sekolah:

Jl. Prof. Dr. Hamka No.3, Kibing,
Kec. Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau 29424

Telp: (0778) 362719



Visi dan Misi


VISI:

“Mewujudkan Sekolah yang Berlingkungan Bersih, Indah dan Menyenangkan Serta Menjadikan Sekolah Unggulan Yang Menghasilkan Sumber Daya Manusia (Sdm) Berkualitas Dan Kompetensi Keahlian Sesuai Dengan Jurusannya Sehingga Dapat Mandiri Di Masyarakat Dengan Bekal IMTAQ Dan IPTEK.”


Indikator Visi:

1. Terwujudnya pembelajaran berlandaskan Aqidah Islam.

2. Terwujudnya pembelajaran berdasarkan keluhuran budi pekerti.

3. Terbentuknya karakter peserta didik yang islami sehingga menjadi sikap hidup keseharian baik disekolah maupun di masayarakat.

4. Terwujudnya pengembangan diri Peserta didik melalui pembinaan bakat dan minat berlandaskan teknologi.

5. terwujudnya prilaku hidup yang kompetitif, dan berorientasi pada perkembangan teknologi bagi seluruh warga sekolah.


MISI:

Melaksanakan pembelajaran yang berbasis agama/religiusitas

Membentuk siswa kreatif, inovatif, cerdas dan memiliki kepedulian lingkungan.

Membentuk siswa agar memiliki sikap disiplin, jujur, baik, adil, dan bertanggung jawab.

Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran.

meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang sesuai dengan Standar Kompetensi Nasional (SKN) dalam menghadapi era global Revolusi Industri 4.0.

Melaksanakan KBM dan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat dalam meraih prestasi.


TUJUAN:

Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja, mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Dunia Usaha/Dunia Industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian pilihannya

Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi di lingkungan kerja dan mengembangkan sikap provisional dalam bidang keahlian diminatinya

Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun di jenjang Pendidikan yang lebih tinggi

Mempersiapkan tamatan yang memiliki kepribadian dan berakhlak mulia sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten sesuai program keahlian pilihannya

Membekali peserta didik untuk berkarir, mandiri yang mampu beradaptasi di lingkungan kerja sesuai bidangnya dan mampu menghadapi perubahan yang terjadi di

Membekali peserta didik sikap profesional untuk mengembangkan diri dan mampu berkompetisi di tingkat nasional, regional dan



Komentar